GP ANSOR BANYUASIN
SHARE :

Hikmah malam Nuzulul Qur’an

2
05/2021
Kategori : NEWS

Author : admin


Hikmah malam Nuzulul Qur'an

Manusia pada dasarnya memiliki fitrah yaitu instuisi beragama (gharizah tadayyun), instuisi yang lurus tentunya mendorong manusia untuk menyadari dirinya sebagai hamba Alloh Swt.

Potensi yang membedakan manusia dengan makhluk lain yaitu akal untuk berpikir.

Akal pikiran yang baik dan lurus karena terisi oleh pemikiran yang baik dan hati yang membenarkan pikiran baik tersebut.

Tentunya kaum muslimin terus berusaha menjadi insan yang lebih baik agar hidup senantiasa memiliki tujuan yang jelas yaitu berusaha mendapatkan ridho Alloh Swt. yaitu hidup penuh keberkahan dan dapat menyelesaikan berbagaipermasalahan kehidupan di dunia serta mendapatkan kehidupan di surga saat di akhirat kelak. Seyogyanya seluruh waktu Bulan ramadhan merupakan bulan yang diberkahi, karena segala amalan kaum muslimin di dunia dilipatgandakan. Kaum muslimin seyogyanya senantiasa menggunakan bulan ramadhan sebagai momentum untuk melaksanakan amalan kebaikan di dunia agar dapat menyelamatkan kehidupan manusia baik di dunia itu sendiri maupun di akhirat. Oleh karena itu merupakan hal yang tepat apabila kegiatan di bulan ramadhan dipenuhi dengan kegiatan amalan kebaikan tadi.

Kegiatan amalan kebaikan tersebut diharapkan dapat dilestarikan tidak hanya di bulan ramadhan saja namun pada bulan-bulan yang lain agar kaum muslimin senantiasa mengingat Alloh Swt. sebagai pencipta dan pembuat aturan hidup bagi manusia dan manusia mau hidup berdasarkan aturan-aturan yang dibuat oleh Alloh Swt. Aturan-aturan yang dibuat Alloh Swt.

tersebut tentunya tidak akan menjerumuskan manusia namun berusaha menyelamatkan kehidupan manusia di dunia dan akhirat.Begitu pula dengan Asrama Kartini di daerah Karangmalang. Sebagai asrama muslimah pada bulan ramadhan ini mengadakan serangkaian kegiatan yang berusaha mengingatkan warga asrama untuk meningkatkan amalan kebaikan, ketakwaan pada Alloh Swt. dan menjalin tali persaudaraan (silah ukhuwah). Kegiatan tersebut antara lain sholat tarawih, ceramah dan buka bersama. Kegiatan ini menjadi agenda rutin selama bulan ramadhan dari tahun ke tahun.

Sebenarnya, pada bulan selain ramadhan pun diadakan pengajian rutin setiap bulan sekali dengan tujuan sama seperti ramadhan yaitu mengingatkan warga asrama untuk meningkatkan amalan kebaikan, ketakwaan pada Alloh SWT dan menjalin silah ukhuwah.

Kegiatan tarawih pada bulan ramadhan diadakan selama dua minggu pada masa aktif perkuliahan yaitu tanggal 7 September 2008 sampai dengan 21 September 2008. Selain periode tersebut, warga asrama dapat melaksanakan
sholat tarawih di masjid-masjid di Yogyakarta. Adapun kegiatan ceramah diadakan di sela-sela sholat tarawih. Sedangkan pengajian yang dilanjutkan buka bersama dan sholat tarawih diadakan sekali selama bulan ramadhan.

Hal yang cukup istimewa di bulan ramadhan adalah peristiwa turunnya Al-Qur‟an (Nuzulul Qur’an). Peristiwa yang terjadi pada tanggal 17 ramadhan tersebut merupakan peristiwa yang cukup unik bagi kaum muslimin, dimana
Rasulullah Saw. menerima wahyu pertama dari Alloh Swt. melalui perantaraan malaikat Jibril yaitu. Al-Qur‟an.

Berita Lainnya